60 Rumah Nikmati Listrik Tenaga Surya DARI PEMERINTAH

May 05 2017
(0) Comments

60 Rumah Warga Pulau Libukang Nikmati Listrik Tenaga Surya

 

 

               Sebanyak 60 kepala keluarga (KK) warga Pulau Libukang telah menikmati listrik tenaga surya. Hal itu diungkapkan kepala PLN Ranting Kabupaten Jeneponto Suhardi, Senin 20 Maret 2017 sore di Warkop Liwang, Jalan Pahlawan, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto.

 

              Menurutnya, PLN bekerja sama pemerintah Jeneponto telah memberikan bantuan listrik tenaga surya sebanyak 60 rumah dari 82 rumah yang ada di Pulau Libukang

“Kami telah memberikan bantuan listrik tenaga surya sebanyak 60 rumah, tinggal 22 rumah yang  tidak memiliki jaringan listrik,” terang Suhardi.

 

              Terkait sambungan jaringan listrik ke Pulau Libukang, menurut Suhardi harus disurvei terlebih dulu, terutama kondisi pulau serta laut yang memisahkan antara Pulau Libukang dengan daratan.

           “Untuk menyambungkan jaringan listrik ke pulau itu harus terlebih dulu survei lokasi, berapa jarak laut yang memisahkan antara pulau tersebut dengan daratan. Juga berapa kedalaman air serta berapa pelanggan. PLN wilayah bagian (kompartemen) jaringan yang harus turun untuk survei lokasi tersebut,” imbuhnya.

 

Suhardi menambahkan, untuk melakukan itu kepala kelurahan harus memasukkan permohonan ke PLN untuk penyambungan jaringan ke Pulau Libukang.

“Jadi, kepala Kelurahan harus bermohon ke PLN. Itu bisa ditujukan ke PLN ranting Jeneponto atau langsung ke PLN wilayah Sulsel,” bebernya.

 

Kendati begitu, menurut Suhardi hal itu bisa dilakukan ketika listrik tenaga surya yang ada di Pulau Libukang itu sudah tidak bisa difungsikan lagi. “Juga harus dicabut karena tidak bisa disambungkan jaringan dari PLN jika sudah ada listrik tenaga surya,” tutup Suhardi.