Listrik di Kementerian Harus Pakai Solar Cell di 2016

Jan 16 2016
(1) Comments

  Listrik di Kementerian Harus Pakai Solar Cell di 2016

  Penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) kian intensif diterapkan oleh pemerintah. Salah satunya adalah pemanfaatan cahaya matahari menjadi energi listrik atau solar cell. Tahun depan, EBT solar cell ini rencananya akan dipasang di seluruh instansi pemerintah.

Anggota Dewan Energi Nasional, Rinaldy Darimi, mengatakan bahwa pada Februari tahun ini Presiden Jokowi telah menginstruksikan penggunaan solar cell. Rencananya, penggunaan tenaga surya tersebut akan diresmikan pada Agustus.

“Ternyata Agustus Kemarin Tidak Diresmikan. Katanya tendernya tidak ada yang mau membangun PLTS di istana, tidak ada yang mau memasukkan tawaran,” tutur Rinaldy dalam acara diskusi bertemakan Prospek Energi Nasional di Tengah Pelemahan Ekonomi di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (29/11/2015).

Dia mengatakan, pada 2016 nanti semua gedung intansi pemerintah telah terpasang solar cell sebagai contoh bagi masyarkat untuk menggunakan EBT. Menurutnya, Istana Presiden akan menjadi prioritas utama pemasangan solar cell.

Rinaldy menambahkan, meskipun solar cell gagal digunakan di istana Presiden tahun ini, namun saat ini gedung Dewan Energi Nasional telah lebih dahulu memasang solar cell. “Kita di Dewan Energi Nasional dan di tempat kantornya sudah ada solar cell,” tukasnya.

Sekadar informasi, program ini pada awalnya direncanakan rampung pada Agustus lalu untuk pemasangan di istana negara. Namun, karena tidak adanya perusahaan yang berani mengambil proyek pembangunan EBT solar cell di istana negara, maka usulan ini ditunda hingga 2016 mendatang.